Jumat, 16 September 2011

ADA APA DENGAN ANGKA 13?????


Hmmm…..angka 13???? ada apa dengan angka 13 ya??
Mungkin untuk beberapa orang angka 13 adalah angka yang biasa, namun tidak untuk masyarakat eropa dan amerika yang menganggap angka 13 sebagai angka sial yang akan membawa bencana. Bahkan, banyak masyarakat  Indonesia yang juga mempercayai mitos tersebut.
 misteri angka 13 ini cukup berpengaruh dalam kehidupan sehari-hari. Nah, sebagai contoh gedung bertingkat yang memiliki lebih dari 14 lantai.Biasanya, angka pada lift gedung tersebut tidak menggunakan angka 13 untuk menunjukkan lantai 14, namun diganti dengan 12A dan 12B lalu langsung lantai 14. Selain itu, berdasarkan penelitian The Stress management center and phobia institute di Ashville, Carolina utara terungkap fakta bahwa AS menderita kerugian bisnis sebesar 800-900 juta dollar setiap hari jumat tanggal 13. Hal ini disebabkan karena sejumlah orang enggan bepergian dan keluar rumah pada hari tersebut.woooow….ternyata pengaruh angka 13 besar juga ya!!!
Oyaaaa… Ada juga lho phobia yang berhubungan dengan angka 13, namanya TRISKAIDEKAPHOBIA. Hehehe…baru denger khan???. Phobia ini membuat orang yang menderitanya menghindari segala sesuatu yang berhubungan dengan angka 13. Misalnya, tidak mau duduk di kursi ke-13, tidak mau memiliki nomor absen 13, tidak mau tinggal di lantai 13,tidak mau keluar rumah pada tanggal 13, dll.Perlu kalian tahu, Adolf Hitler yang merupakan tokoh NAZI dan presiden USA, Franklin Delang Roosevelt menderita phobia ini lho.
Ada beberapa versi cerita yang mengisahkan asal mula munculnya mitos ini. Menurut umat kristiani, mitos ini muncul pada peristiwa Last supper of Jesus dengan sahabatnya. Saat itu judas (sahabat yesus) datang sebagai tamu ke-13 yang mengkhianati jesus. Namun, menurut bangsa Norse mitos ini muncul karena pada saat 12 dewa mengadakan pesta, datanglah loki (dewa kejahatan) menjadi tamu ke-13 yang tak diundang. Dia membunuh balder (dewa kebahagiaan) melalui hod (dewa kegelapan yang buta).
Hmm…gimana??? Kalian percaya tidak dengan mitos yang mengatakan bahwa angka 13 adalah angka sial???

1 komentar:

  1. Aku lkahir tanggl 13,,, klw mnrut anda 13 itu sial itu salah
    krena menrutq angka 13 itu angka keberuntungan

    contoh
    1. para guru atau PNS akan sangat bahagia jika mendapat gaji 13
    2. saya yakin jika judul film horor tidak diberi angka 13 pasti tidak akan laku di pasaran
    contaoh lantai 22

    BalasHapus

Baner Lomba