Selasa, 17 Juli 2012

PEMANFAATAN TEKNOLOGI DIGITAL UNTUK INDONESIA

Hai brother and sister…
Pada postingan kali ini aku akan mencoba untuk berbagi Informasi tentang “Pemanfaatan Teknologi Digital Untuk Indonesia”.
Di era modern ini kita telah mengenal adanya teknologi digital. Teknologi digital inilah yang telah banyak membantu manusia dalam mengerjakan kegiatannya sehari - hari. Nahhh..sebelum aku lanjutin, kalian tahu gak sih apa itu teknologi digital???? belum tahu ya??? yaudah aku jelasin...
Teknologi digital adalah teknologi yang berbasis sinyal elektrik komputer, sinyalnya bersifat terputus-putus dan menggunakan sistem bilangan biner (0 dan 1).
Sekarang udah pada tau khan??? Baguuuuuuus :D
Berkembangnya teknologi digital ini telah menggeser peran dari teknologi analog. Yuups... Teknologi digital memang memiliki berbagai kelebihan dibandingkan dengan teknologi analog, salah satunya adalah mampu mengirimkan informasi dengan cepat dan akurat serta dapat memodifikasi informasi dalam berbagai bentuk.
Seperti yang sudah aku jelasin tadi, teknologi digital ini memiliki banyak manfaat yang dapat membantu kegiatan manusia dalam berbagai bidang, khususnya bagi Indonesia. Pengen tau apa aja manfaat dari teknologi digital ini??? serius pengen tau??? beneran??? hehehe...yaudah langsung aja dech baca cuap-cuap dibawah :p

      TEKNOLOGI DIGITAL UNTUK  PENDIDIKAN INDONESIA

Dalam dunia pendidikan teknologi digital memiliki segudang manfaat. Salah satu contohnya adalah adanya LCD proyektor yang sangat membantu dalam proses belajar mengajar. Dengan LCD proyektor ini seorang pengajar dapat menampilkan bahan ajarannya kepada seluruh siswanya tanpa harus repot menulis pada papan. Dia cukup menghubungkan kabel yang ada pada proyektor ke laptop/PC yang telah menyimpan data-data pembelajaran. Hmm…gimana???proses pembelajaran jadi lebih efektif dan efisien khan :D




Selain LCD proyektor, adanya laptop juga sangat membantu masyarakat Indonesia dalam dunia pendidikan. Dulu, sebelum ada laptop kita mengenal adanya mesin ketik. Namun sekarang fungsinya telah digantikan dengan laptop yang lebih canggih , efektif dan efisien dalam penggunaanya. Oya, dan menurut aku nich Teknologi digital yang amat sangat membantu bangsa Indonesia dalam dunia pendidikan adalah adanya internet. Yuups…dengan internet kita bisa tahu segalanya. Pengen tahu rumus fisika? Ada, pengen cari rumus matematika? Banyak, pengen belajar bahasa inggris?  Bisa, hm…pengen apalagi????,pokoknya dengan internet everything is posible (hehehehe…sok inggris XD).


      TEKNOLOGI DIGITAL UNTUK EKONOMI BANGSA INDONESIA
Kita dapat meningkatkan perekonomian bangsa Indonesia bila kita bisa memanfaatkan adanya Teknologi digital. Salah satu yang bisa kita manfaatkan adalah Jaringan Internet. Melalui internet kita bisa memperkenalkan pesona berbagai macam tempat wisata di Indonesia kepada seluruh dunia, sehingga mereka bisa tahu dan tertarik untuk mengunjungi Indonesia. Dengan demikian akan banyak wisatawan asing yang berkunjung ke Indonesia sehingga dapat menambah devisa Negara.
Selain itu, Internet juga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat Indonesia. Hal ini bisa kita lihat dengan semakin banyaknya online shop-online shop di dunia maya. Dengan online shop tersebut masyarakat Indonesia dapat membuat usaha tanpa harus mengeluarkan modal yang terlalu besar.


      TEKNOLOGI DIGITAL UNTUK SOSIAL DAN BUDAYA INDONESIA
Kalian pasti udah pada tahu facebook dan twitter khan????. Yuups…kedua media social inilah yang saat ini tengah digandrungi oleh masyarakat Indonesia. Dengan facebook dan twitter kita bisa mendapat teman dari seantero dunia dengan mudah dan cepat. Kedua media social ini jugalah yang dapat membuat kita menjadi merasa dekat dengan keluarga dan kerabat kita yang jauh. Kita bisa seakan akan berbicara secara langsung dengan teman atau saudara yang berada di tempat berbeda dengan menggunakan video call yang ada pada facebook. Wuiiih…canggih yaaa???? (^_^)
Oya, selain twitter dan facebook,kalian juga pasti sudah mengenal blog. Dengan menjadi blogger kita bisa mendapat banyak teman dari seluruh dunia khususnya Indonesia. Kita bisa mengikuti komunitas Blogger Nusantara seperti Komunitas Ngawur (Ngeblog Jawa Timur). Hmmm…asyik khan???? :D. Selain itu dengan menjadi blogger kita bisa berbagi informasi kepada orang banyak, baik itu pengalaman, pembelajaran ataupun informasi lainnya.
Selain ketiga media social yang sudah aku sebutin diatas masih banyak lagi media social yang lain yang bisa kita gunakan untuk bersosialisasi dan menambah teman serta berbagi informasi.
Hmm…gimana??? Sekarang udah pada tau khan kalau teknologi digital itu memiliki banyak manfaat yang bisa kita gunakan untuk membuat Indonesia menjadi Negara yang lebih maju dan baik dari sebelumnya. Oleh karena itu, kita sebagai masyarakat Indonesia harus bisa menggunakan Teknologi yang ada dengan baik dan benar agar bisa mendapatkan manfaatnya. Kita bisa mencontoh bagaimana menggunakan teknologi digital ini pada negara-negara Pusat Teknologi seperti Amerika Serikat, Jepang, dan lain lain agar kita bisa seperti mereka bahkan bisa menjadi lebih baik dari mereka (waaah…prok..prok..prok… :-*).
Okey..cukup sekian sharing kali ini. Semoga bermanfaat. Terimakasih ^_^

6 komentar:

  1. Selamat mengikuti lomba :)
    ditunggu kunjungan baliknya mbak :D sukses !

    http://anggamilanello.blogspot.com/2012/07/teknologi-digital-maju-indonesia-maju.html

    BalasHapus
    Balasan
    1. @angga Kurniawan :
      iyya makassih..
      siiiip ^_^

      Hapus
  2. salam hangat dan sukses selalu.. :)

    BalasHapus
  3. Somoga berhasil dengan lombanya....

    BalasHapus
  4. @sani_arfian :
    makassih ndol :*

    BalasHapus

Baner Lomba